Latest News

Biografi Alfred Adler


Alfred Adler lahir di Mina pada tahun 1870 dari keluarga kelas menengah, dan meninggal di Aberdeen, Skotlandia pada tahun 1937 pada waktu ia mengadakan perjalananan keliling untuk memberikan ceramah. Ia meraih gelar dokter pada tahun 1895 dari Universitas Wina. Mula-mula ia mengambil spesialis di bidang ophthalmologi, kemudian setelah menjalani praktek dokter umum, ia menjadi seorang psikiater. Ia menjadi anggota dan kemudian ketua Masyarakat Psikoanalisis Wina. Akan tetapi Adler segera memulai mengembangkan ide-idenya yang menyimpang dari ide-ide Freud dan anggota-anggota lain di masyarakat Wina itu, dan ketika perbedaan-perbedaan menjadi tajam, ia diminta menyajikan pandangan-pandangannya di hadapan masyarakat itu. Ini terjadi pada tahun 1911 dan sebagai kritik dan celaan seru terhadap pendirian Adler oleh anggota-anggota lain di masyarakat itu, Adler mengundurkan diri dari jabatan ketua dan beberapa bulan kemudian ia memutuskan hubungan dengan Psikoanalisis Freudian (Colby, 1951; H.L dan R.R. Ansbacher, 1956, 1964).
Ia kemudian membentuk kelompoknya sendiri, yang kemudian dikenal sebagai Psikologi Individual dan yang menarik pengikut dari seluruh dunia. Selama Perang Dunia I, Adler bekerja sebagai dokter pada laskar tentara Austria dan sesudah perang ia tertarik pada bimbingan anak-anak dan mendirikan klinik bimbingan pertama yang berhubungan dengan sistem aliran Wina. Ia juga mendorong berdirinya aliran eksperimental di Wina yang menerapkan teknologinya di bidang pendidikan (Furtmuller, 1964).
Pada tahun 1935, Adler menetap di Amerika Serikat di mana ia meneruskan praktiknya sebagai psikiater dan menjadi professor dalam psikologi medis di Long Island College of Medicine. Adler adalah seorang penulis produktif dan seorang penceramah yang tidak kenal lelah. Selama masa hidupnya, ia menerbitkan beratus-ratus buku dan artikel. The Practice And Theory of Individual Psychology (1927) mungkin merupakan pengantar terbaik dari teori Adler tentang kepribadian. Intisari yang lebih ringkas dari pandangan Adler terdapat dalam Psychologies of 1930 (1930) dan dalam International Jurnal of Individual Psychology (1935). Heinz dan Rowena Ansbacher (1956, 1964) menyunting dan membubuhi dengan anotasi dua buku yang berisiskan seleksi luas dari tulisan-tulisan Adler. Kedua buku ini merupakan sumber informasi paling baik tentang Psikologi Individual Adler. Dua buku biografi panjang mengenai Adler telah diterbitkan (Bottome. 1939; Orgler, 1963). Suatu perspektif baru tentang Adler ditemukan dalam buku yang ditulis  Sperber (1974). Ide-ide Adler disebarluaskan di Amerika Serikat oleh American Society of Adlerian Psychology dengan cabang-cabangnya di New York, Chicago, dan Los Angeles. Dan melalui jurnalnya, yakni The American Jurnal of Individual Pschology.

No comments:

Post a Comment

HIMAPSI Universitas Mulawarman Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Theme images by Goldmund. Powered by Blogger.